Senin, 20 November 2023

UAS PRAKTEK INFORMATIKA

 KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH


    Lingkungan adalah tempat tinggal semua makhluk sosial. Semua lingkungan harus dilestarikan dengan salah satu caranya adalah membuang sampah di tempat sampah. Salah satu lingkungan yang harus kita perhatikan salah satunya adalah lingkungan sekolah. Menjaga lingkungan supaya bersih bukan hanya siswa/i nya saja, tetapi seluruh warga sekolah. Karena jika lingkungan sekolah kita bersih, pasti kita nyaman dalam melaksanakan segala aktivitas di sekolah. Supaya lingkungan sekolah kita bersih, maka dilakukan aksi nyata dari setiap kelas di sekolah tersebut. Aksi nyata tersebut salah satunya yaitu setiap kelas bergilir untuk menyapu lingkungan sekolah yang kotor.

    Selain dengan melestarikan lingkungan sekolah, seharusnya sekolah juga mengadakan lomba kebersihan dari setiap kelas, supaya menyadarkan siswa/i untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Selain dari pihak sekolah saja, pemerintah memberikan upaya untuk menggugah pihak sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Program tersebut adalah program adiwiyata. Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran pihak sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan program dari pemerintah tersebut yaitu SMAN 1 Gerung. Dengan program tersebut, sekarang SMAN Gerung tersebut mengajak sekolah-sekolah lain untuk mengikuti program yang di jalankan oleh pemerintah tersebut. 

    Selain cuman mengerjakan saja, tetapi ada juga manfaat yang kita dapat dari menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Manfaat yang dapat kita peroleh antara lain :

    a).  Meningkatkan semangat semua warga sekolah dalam menjalankan aktivitas di sekolah ;

    b).  Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas di sekolah tersebut ;

    c).  Menaikkan nilai akademi sekolah;

    d).  Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani warga sekolah ;

    e).  Mengurangi biaya orangtua untuk kesehatan anaknya, karena beraktivitas di lingkungan yang bersih dan asri ; dll.



Contoh gambar orang yang menjaga lingkungan sekolah






3 Hyperlink : 

www.yasanjosiantar.com ( Website Yayasan Santo Yoseph Pematang Siantar )

www.smpcintarakyat1.sch.id ( Website Sekolah SMP CINTA RAKYAT 1 )

www.secretkampus.com ( Website Guru Informatika SMP CR 1 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar